Rabu, 06 Desember 2017

dampak gadget

Gadget Bagi Kalangan Remaja

          



  Manusia di jaman sekarang ini berada pada masa yang serba canggih, banyak sekali informasi dari belahan dunia manapun bisa diakses dengan mudah hanya dengan alat atau barang elektronik yang disebut gadget. Memang gadget sendiri sanggatlah menguntungkan karenan dapat digunakan untuk browsing ataupun berselancar di dunia maya. Saat ini gadget sudah mulai menjamur dikalangan kita dari orang tua, remaja bahkan sampai anak anak pun sudah bisa mengaksesnya.
Perkembangan teknologi yang luar biasa. Tak bisa dipungkiri dunia telah memasuki era baru yaitu era digital yang segala sesuatunya terkoneksi lewat internet. Sebagian besar alasan orang tua memberikan hp untuk anaknya adalah agar memudahkan dalam berkomunikasi. Tetapi terkadang mungkin orang tua tidak menyadari adanya hal hal lain yang mungkin timbul saat anak diberikan gadget.
Dampak penggunaan gadget:
·         Dampak positif:
1.    Mempermudah komunikasi
2.    Menambah pengetahuan tentang perkembangan IPTEK( Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)
3.    Memperluas pertemanan dan persahabatan
·         Dampak negatif:
Walaupun gadget memberi banyak keuntungan bagi pemakainya, jika tidak bijak dalam pemakaiannya, gadget dapat memberikan kerugian atau dampak negatif yaitu:
a.    Menggangu perkembangan anak
Dengan canggihnya fitur fitur gadget dapat mengganggu beberapa kalangan pelajar dalam belajar, tidak jarang para pelajar disibukan dengan panggilan, sms, chat, game, update dll. Bermain gadget dalam waktu yang panjang dan dilakukan setiap hari, bisa membuat anak berkembang ke arah pribadi yang antisosial. Hal ini terjadi karena anak anak ini tidak diperkenalkan untuk bersosialisasi dengan orang lain karena mereka hanya ibuk bermain gadget.

b.    Bahaya kesehatan terutama bagi anak usia dibawah 12 tahun
Gadget dikatakan membahayakan kesehatan bagi anak usia dibawah 12 tahun karena sistem kekebalan tubuh anak masih barkembang dan umumnya lebih sensitif terhadap hal hal seperti sianr ultraviolet atau radiasi dari gadget.

c.    Rawan terhadap tindak kejahatan
Karena sekarang ini anak anak dan remaja merupakan salah satu target utama kejahatan.

d.    Perubahan perilaku
Anak anak yang sudah kecanduan gadget cenderung lebih senang bermain dengan gadgetnya dibanding dengan bermain bersama anak anak sebayanya, padahal sebenarnya anak anak ini memerlukan bermain dengan sesama teman, bersosialisasi dan juga bergaul. Gadget juga sering kali digunakan untuk melihat situs situs ang berbau porno dan kekerasan yang memang belum sepantasnya mereka ketahui. Para anak anak dan remaja banyak juga yang mengunakan gadget untuk bermain game online yang membuat merek asik sendiri dan lupa akan kebutuhan mereka seperti berkomunikasi dengan teman, orang tua, dll.

e.    Gadget dapat membatasi komunikasi langsung
Dengan adanya gedget komunikasi secara lagsung jadi sangat sulit dilakukan karena sekarang dengan tidak usah bertemu kita pun sudah bisa berkomunikasi, bahayanya lagi jika anak atau remaja yang sudah asik dengan gadget hingga lupa untuk berkomunikasi dengan keluarganya karena ia sudah sibuk dengan chat, game online maupun offline dll.

Ø  Kesimpulan:

Penggunaan gadget dikalangan remaja bukan hanya dijadikan alat komunikasi dan alat untuk mencari pengetahuan melainkan saat ini banyak dikalangan remaja yang menggunakan gadget untuk hal hal yang tidak penting seperti bermain game online ataupun offline, untuk melihat situs situs dewasa dan masih banyak lagi yang lebih parahnya para anak anak dan remaja bahkan sampai mendahulukan gadget ditimbang belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dampak gadget

Gadget Bagi Kalangan Remaja              Manusia di jaman sekarang ini berada pada masa yang serba canggih, banyak sekali informasi...